• GAMBAR 2

SELAMAT DATANG DI SMK DHARMA ANALITIKA MEDAN. / SEKOLAH SEJUTA PRESTASI / BEASISWA PENDIDIKAN 5.000.000 S/D 10.000.000. DAFTAR SEGERA !!!

Pencarian

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


SMK DHARMA ANALITIKA MEDAN

NPSN : 10258790

Jl.Pancing II No.40 Kel.Indrakasih Kec.Medan Tembung - Medan 20221


info@smkanaliskesehatandharmaanalitika.sch.id

TLP : 0616626679


          

Banner

Jajak Pendapat

No Poles setup.

Statistik


Total Hits : 490434
Pengunjung : 159060
Hari ini : 36
Hits hari ini : 71
Member Online : 236
IP : 54.227.97.219
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

  • Eka Susilawati S.Si (Guru)
    2021-04-24 08:56:53

    SELAMAT MENJALANKAN IBADAH PUASA
  • Gusti Agustin (Guru)
    2021-02-09 09:30:04

    SMK BISA <3 SMK HEBAT <3
  • Eka Susilawati S.Si (Guru)
    2021-01-23 12:28:01

    Semoga kita selalu sehat dan semangat tetap optimis wabah ini akan segera berlalu
  • Gusti Agustin (Guru)
    2020-11-14 12:52:31

    SMK DHARMA ANALITIKA <3
  • Gusti Agustin (Guru)
    2020-03-24 09:10:14

    Semangat Untuk Ujian Onlinenya Siswa/i Kelas XII <3
  • Eka Susilawati S.Si (Guru)
    2019-11-30 10:10:37

    SELAMAT UJIAN SEMESTER SEMOGA LANCAR DAN SUKSES JUJUR OK .....
  • Eka Susilawati S.Si (Guru)
    2019-10-14 12:41:07

    SELAMAT ULANGAN MID SEMESTER UNTUK ANANDA SEMUA SEMOGA SUKSES DAN LANCAR AMIN
  • Nur Ainun Br Nasution Amd (Guru)
    2019-10-12 13:29:50

    Semangat pantang mundur SMK Dharma Analitika
  • Gusti Agustin (Guru)
    2019-10-12 12:50:14

    Tetap Semangat ?
  • Gusti Agustin (Guru)
    2019-10-12 12:47:01

    Aktif Kembali ?

Apa Itu Farmasi Industri....




Farmasi berasal dari bahasa Yunani, pharmacon yg artinya obat. Jadi, farmasi adalah ilmu yg mempelajari tentang obat.

Farmasi Industri adalah teknologi obat-obatan yang diaplikasikan dalam bidang industri, jadi simpelnya adalah obat-obatan dalam  industri. Mulai dari ilmu membuat obat dalam skala besar, regulasi mengenai obat (CPOB) dan flow process bisnis obat. teknologi obat-obatan dalam bidang industri. Ini bertujuan untuk menemukan, mengembangkan, memproduksi, dan memasarkan obat-obatan atau obat-obatan farmasi untuk digunakan sebagai obat yang akan diberikan (atau dikelola sendiri) kepada pasien dari dokter, dengan tujuan untuk menyembuhkan mereka, memvaksinasi mereka, atau mengurangi gejala. Perusahaan farmasi dapat menangani obat generik atau merek dan alat kesehatan. Mereka tunduk pada berbagai hukum dan peraturan yang mengatur paten, pengujian, keamanan, kemanjuran dan pemasaran obat-obatanPeran apoteker sendiri dalam industri obat sangat vital, dalam undang-undang hanya disebut 3 apoteker penanggung jawab dalam Industri Farmasi yaitu Apoteker penanggung jawab Quality Assurance (QA), Quality Control (QC) dan Produksi. Akan tetapi dalam kenyataan Apoteker dapat berperan di hampir semua bagian misalnya gudang, office, regulasi, marketing, PPIC RnD dan lain-lain.

Jurusan Farmasi Industri di SMK mempelajari tentang produksi obat dan aspek industrinya. Pendidikan di dalamnya mencakup pembelajaran mengenai sediaan obat, uji mutu dan pengawasan, regulasi dan registrasi obat, serta penanganan produk farmasi di gudang.

 

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Ini?

Bagian produksi merupakan inti dari pembuatan obat. Mungkin pada bagian ini adalah mengatur produksi obat mulai dari langkah penimbangan sampai dengan produk jadi dirilis QA. Pengaturan tersebut mulai dari pengaturan jadwal produksi, pengaturan jadwal operator dan pengaturan administrasi yang menyertainya. Administrasi meliputi batch record, form-form produksi dan administrasi komputer. Tantangannya adalah bagaimana mengatur sehingga produksi sesuai dengan rencana dan target yang telah ditentukan. Banyak sekali faktor yang mempengaruhi keberhasilan mencapai target yang telah ditentukan, ini justru seninya bagaimana semua faktor tersebut dapat bersinergi sehingga target tercapai. Tantangan lainnya adalah mengenai pengelolaan SDM, bagian produksi biasanya mempunyai SDM paling banyak sehingga dinamikanya bermacam-macam juga. Operator mempunyai skill, karakter dan kemauan yang berbeda-beda. Pengalaman saya produksi yang menggunakan banyak manualnya mempunyai kesulitan untuk mendisiplinkan operator dan untuk mencapai konsistensi dibandingkan dengan otomatisasi. Karena membawahi banyak orang kemampuan memimpin, kemampuan berbicara, kemampuan mempengaruhi orang sangat diperlukan. Untung sewaktu menjalani kuliah saya cukup aktif di organisasi sehingga sudah ada bekal.

Berkembangnya industri kesehatan dan medis patut didukung dengan perkembangan di bidang farmasi pula. Lulusan SMK Farmasi Industri tidak hanya dibekali mengenai pengetahuan mengenai obat beserta kandungan dan tata cara produksinya, tapi mereka juga memiliki kemampuan dalam melakukan pengawasan, pengujian mutu, hingga perihal administratif seperti regulasi, registrasi, dan penanganannya di gudang. Dengan kondisi industri obat-obatan yang cenderung stabil, lulusan SMK Farmasi Industri pun memiliki peluang kerja yang cukup mumpuni.

 PROSPEK KERJA JURUSAN FARMASI INDUSTRI

Apoteker yang bekerja di industri biasanya sebagai Supervisor atau staff. Bila sebagai Supervisor otomatis mempunyai anak buah sehingga kemampuan memimpin dan decision maker sangat penting. Apoteker di QC tidak hanya mengurusi sisi teknis saja banyak hal non teknik yang harus dihadapi. Apoteker QC perusahaan,  analisis HPLC, troubleshooting

Kalo mau kerja kemana????

  • Industri obat
  • Industri obat tradisional
  • Industri kosmetika
  • Pedagang besar farmasi

Sebagai apa???

  • Staf QA
  • Staf QC
  • Operator produksi
  • Staf produksi
  • Staf marketing
  • Medical representatif (medref)

Sebagai info, berikut beberapa spesialisasi jurusan farmasi Farmasi  yang bisa Anda pilih sesuai minat.

  • Farmasi
  • Clinical Practice. ...
  • Mikrobiologi dan imunologi. ...
  • Drug Development. ...
  • Teknologi farmasi.
  • Pendidikan Apoteker
  • Analisa Farmasi dan Makanan
  • Dan lain lain

 Kompetensi Dasar yang dipelajari di farmasi industri

  • Memahami tentang tenaga kesehatan berdasarkan undang-undang
  • Memahami tentang CPOB
  • Memahami tentang k3lh
  • Memahami tentang obat tradisional
  • Memahami tentang cara pembuatan obat skala laboratorium
  • Memahami tentang teknologi pembuatan obat di industri farmasi
  • Memahami tentang pengujian mutu obat
  • Memahami tentang metode pengemasan dan macam2 bahan pengemas
  • Dan lain-lain

7 Perbedaan Farmasi Industri dan Farmasi Klinis

Menjadi ahli farmasi merupakan salah satu impian banyak orang khususnya yang berkecimpung dalam dunia kesehatan. Selain jago meracik bahan penyembuh, menjadi ahli farmasi sendiri memiliki gengsi tersendiri karena dinilai mampu menguasai ilmu kimia, biologi dan fisika secara bersamaan.

Meski demikian Ilmu Farmasi ini memiliki kekhususan terutama dalam tujuan aplikasi ilmu dan beragam bahan penyembuh yakni farmasi industri dan farmasi klinis. Lalu apa bedanya? nah kali ini teksinfo akan memaparkan 7 perbedaan dari kedua kefokusan ilmu farmasi ditinjau dari segi fungsi dalam ruang lingkupnya.

1. Farmasi industri skalanya industri, farmasi klinis fokus pada pelayanan kesehatan

Dari namanya saja industri dan klinis sudah jelas bahwa tujuannya untuk memproduksi bahan penyembuh penyembuh industri dan skala klinik atau rumah sakit.

2. Penguasaan ilmu farmasi industri lebih pada kimia sedangkan farmasi klinis lebih kedokteran

Karena mengarah pada industri tentu orang yang berkecimpung pada bidang farmasi industri sangat kuat menguasai ilmu antara lain farmakokimia, farmasetika, teknologi farmasi, analisis farmasi. Sementara pada farmasi klinis lebih menguasai ilmu yang dekat dengan kedokteran diantaranya  farmakologi, farmakoterapi, konseling, dan informasi lainnya.

3. Ahli farmasi industri bekerja di pabrik atau perusahaan, ahli farmasi klinis di fasilitas kesehatan

4. Ahli farmasi industri berkecimpung di industri sedangkan ahli farmasi klinis berkecimpung    di  klinik

Biasanya Pharmacyst industri ini lebih banyak memimpin proyek laboratorium farmasi di pabrik dan Pharmacyst klinis lebih banyak di  rumah sakit atau klinik.

5. Farmasi industri hanya penyedia bahan dan tidak beinteraksi langsung dengan pasien sedangkan    farmasi klinis berinteraksi langsung dengan pasien

Hal ini mengindikasikan farmasi klinis lebih terasa fungsinya dalam pelayanan kesehatan dibanding farmasi industri yang jelas hanya berhubungan dengan konsumen dan pasar.

6. Farmasi industri memang fokus pada pembuatannya dan farmasi klinis pada ilmu pelayanan

7.Farmasi industri mungkin menjanjikan penghasilan lebih tinggi dibanding yang berada di pelayanan

Asumsi ini memungkinkan bila berkaca dari lingkup kerjanya, yang skala industri dan klinis. Biasanya perputaran ekonomi cukup terasa di dunia industri ketimbang di dunia sosial seperti fasilitas kesehatan.

Itulah sebagian perbedaan antara farmasi industri dan farmasi klinis, tentu masih banyak perbedaan lainnya. Semoga bermanfaat. 

 

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah mewarnai pengembangan obat-obatan terutama dalam bidang formulasi, teknologi produksi, dan pengawasan mutu obat yang telah melibatkan aplikasi peralatan dan metode yang semakin canggih dan kompleks. Hal ini juga telah diikuti dengan perkembangan regulasi dalam bidang kefarmasian, khususnya regulasi dalam bidang industri. Proses globalisasi dalam berbagai dimensi kehidupan, juga berdampak terhadap terjadinya globalisasi dalam bidang farmasi melalui harmonisasi pada tingkat regional dan global.

Menghadapi tantangan ini, dibutuhkan tenaga-tenaga farmasis profesional yang memiliki bekal kemampuan untuk mengatasi berbagai masalah yang dihadapi industri farmasi. Kemampuan yang dituntut dari seorang farmasis oleh industri farmasi dewasa ini hanya dapat dipenuhi melalui pemberian dasar keilmuan kefarmasian yang kokoh, yang difokuskan pada aspek-aspek yang berhubungan dengan aspek produksi dan pengawasan mutu obat.

SMK Dharma Analitika Medan  telah membuka Jurusan  Farmasi Industri sebagai upaya mempersiapkan sumberdaya manusia yang memiliki kompetensi lebih bagi industri farmasi.




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :


 

Komentar :

Pengirim : evegezavo -  [ulifemsit@ereqd.fodiscomail.com]  Tanggal : 24/10/2021
http://slkjfdf.net/ - Eeliekozi <a href="http://slkjfdf.net/">Uwosazi</a> jrq.wyyz.smkanaliskesehatandharmaanalitika.sch.id.jce.tf http://slkjfdf.net/

Pengirim : ewoeluvo -  [iguyayud@ereqd.fodiscomail.com]  Tanggal : 24/10/2021
http://slkjfdf.net/ - Otugupaji <a href="http://slkjfdf.net/">Epmpihuj</a> ori.vvtq.smkanaliskesehatandharmaanalitika.sch.id.nml.ka http://slkjfdf.net/

Pengirim : wegutsu -  [eqeonac@pazew.fodiscomail.com]  Tanggal : 28/09/2021
<a href=http://slkjfdf.net/>Igiqotibe</a> <a href="http://slkjfdf.net/">Upezmip</a> rim.erbz.smkanaliskesehatandharmaanalitika.sch.id.teg.pm http://slkjfdf.net/

Pengirim : acabavesihe -  [ituwax@pazew.fodiscomail.com]  Tanggal : 28/09/2021
<a href=http://slkjfdf.net/>Auzaver</a> <a href="http://slkjfdf.net/">Adoiwacve</a> msy.djxj.smkanaliskesehatandharmaanalitika.sch.id.xhe.py http://slkjfdf.net/


   Kembali ke Atas