• GAMBAR 2

Selamat Datang di Website SMK DHARMA ANALITIKA MEDAN | Terima Kasih Kunjungannya.

Pencarian

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


SMK DHARMA ANALITIKA MEDAN

NPSN : 10258790

Jl.Pancing II No.40 Kel.Indrakasih Kec.Medan Tembung - Medan 20221


info@smkanaliskesehatandharmaanalitika.sch.id

TLP : 0616626679


          

Banner

Jajak Pendapat

No Poles setup.

Statistik


Total Hits : 387484
Pengunjung : 124044
Hari ini : 38
Hits hari ini : 336
Member Online : 235
IP : 34.205.93.2
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

  • Gusti Agustin (Guru)
    2020-03-24 09:10:14

    Semangat Untuk Ujian Onlinenya Siswa/i Kelas XII <3
  • Eka Susilawati S.Si (Guru)
    2019-11-30 10:10:37

    SELAMAT UJIAN SEMESTER SEMOGA LANCAR DAN SUKSES JUJUR OK .....
  • Eka Susilawati S.Si (Guru)
    2019-10-14 12:41:07

    SELAMAT ULANGAN MID SEMESTER UNTUK ANANDA SEMUA SEMOGA SUKSES DAN LANCAR AMIN
  • Nur Ainun Br Nasution Amd (Guru)
    2019-10-12 13:29:50

    Semangat pantang mundur SMK Dharma Analitika
  • Gusti Agustin (Guru)
    2019-10-12 12:50:14

    Tetap Semangat ?
  • Gusti Agustin (Guru)
    2019-10-12 12:47:01

    Aktif Kembali ?
  • Zulfiana Helma (Siswa)
    2019-08-26 17:01:20

    SMK DHARMA ANALITIKA Pasti bisa pasti hebattt..:)
  • Zulfiana Helma (Siswa)
    2019-08-26 17:01:03

    SMK DHARMA ANALITIKA Pasti bisa pasto hebattt..:)
  • Nur Ainun Br Nasution Amd (Guru)
    2019-03-20 15:04:27

    Untuk Kelas XII Semangat Terus Menuju UNBK Semoga Sukses Untuk Semua
  • Nur Ainun Br Nasution Amd (Guru)
    2019-03-20 15:04:25

    Untuk Kelas XII Semangat Terus Menuju UNBK Semoga Sukses Untuk Semua

Mengusung Sekolah Era Teknologi, SMK Dharma Analitika Medan Terapkan Ujian Berbasis Digital Artike




TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Penerapan era digital saat ini kian aktif dijalankan oleh beberapa sekolah khususnya di Kota Medan.

Diantara sekolah tersebut, ada sekolah SMA Dharma Analitika yang kini menerapkan segala aspek ujian dan absensi melalui website sekolah.

Sekolah yang berdiri pada tahun 1983 ini melakukan ujian mulai dari Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Sekolah (UAS) melalui website sekolah sejak tahun 2019.

 

Sri menjelaskan, melalui sistem pengerjaan ujian ini, siswa diarahkan menuju website sekolah yang sudah ada link dari guru mata pelajaran.

Ia juga mengungkapkan bahwa setelah ujian berakhir, anak-anak dapat langsung melihat hasil jawabannya.

"Kalau untuk ujian kita sudah melakukan secara online, tidak ada menggunakan kertas lagi. Itu berlaku untuk ujian mid semester dan akhir semester . Sistemnya kita dari web sekolah. Bapak dan ibu guru masuk ke web sekolah, kemudian naikkan link untuk soal, anak-anak mengerjakan, nanti nilai bisa langsung keluar untuk dilihat, Jadi tidak ada pakai kertas lagi. Ini sudah diterapkan tahun 2019," ujar Sri, Rabu (25/3/2020).

Sri mengungkapkan bahwa sistem ini dilaksanakan bermula saat dua guru SMK Dharma Analitika mewakili sekolah dari Provinsi Sumatera Utara dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan SMK di Jakarta selama satu minggu.

"Karena sekolah kita terpilih untuk ikut kegiatan rebranding dari Direktorat pembinaan SMK di Bali. kita ada 82 sekolah se-indonesia yang terpillih. Nah, dari situ kita mulai untuk online, gurunya dapat pelatihan, kemudian anak-anak mendapat juara dalam lomba simulasi digital yaitu juara dua tingkat nasional. Kemudian teruslah mulai program itu dijalankan. Kita sebagai perwakilan SMK di Sumatera Utara," ungkap Sri.

Kepala Urusan (Karus) Kurikulum, Nurjannah yang turut ikut pelatihan di Jakarta mengungkapkan bahwa sekolahnya ditunjuk untuk menjadi perwakilan dikarenakan keaktifan sekolah dalam mempublikasikan kegiatan sekolah di media sosial.

"Kalau untuk pemilihan sekolah terpilih itu kita ditunjuk. Jadi informasi yang didapat bahwa sekolah Dharma Analitika Medan ini dinilai aktif dalam bermedia sosial. Jadi setiap kegiatan yang ada di Dharma Analitika ini kita terupdate dan langsung tag kemendikbud. Setiap hari kita selalu ada kegiatan, jadi orang yang tidak berada di SMK Dharma Analitika tapi mereka tahu kegiatan kita," ungkap Nurjannah.

 

Nurjannah menuturkan bahwa kebijakan beberapa sekolah yang menerapkan pembelajaran online bukanlah sesuatu yang baru lagi dijalankan oleh SMK yang memiliki 185 siswa ini.

"Semenjak pelatihan itu, kita mulai sistem online. Dari mid semester hingga UAS kita sudah lakukan secara online. Jadi terkait dengan kasus Corona ini sekolah kita sudah tidak terkejut. Jadi absensi guru kita setiap ada pelatihan kita gunakan sistem online. Jadi kalau misalnya ada ujian, saya buat absensi secara online, jadi guru tinggal isi saja," jelasnya.

Menerapkan kebijakan baru bukanlah sesuatu yang dapat diterima secara instan.

 

Nurjannah mengungkapkan bahwa sekolah membutuhkan waktu untuk beradaptasi dalam melakukan kebijakan berbasis digital ini.

"Pertama setelah kita pelatihan, kita adakan sosialisasi pertama dengan guru-guru dulu, Jadi guru membuat satu media pembelajaran. Memang yang namanya perubahan awalnya agak sulit. Tapi lama-kelamaan sudah terbiasa, jadi sekarang saya ngirim ke grup Whatsapp hanya aplikasi saja, jadi anak-anak tinggal baca saja," ungkap Nurjannah.

Senada dengan Nurjannah, Sri juga mengungkapkan awalnya guru dan siswa butuh waktu dalam adaptasi.

Namun ia dan guru bersemangat sehingga akhirnya tidak ada kendala berarti.

Sri juga menuturkan bahwa melalui pembelajaran secara digital ini dapat menghemat biaya-biaya operasional.

"Kalau namanya menerapkan pasti kita keluar dari zona nyaman. Pasti ada kendala, tapi semangat dari guru masing-masing. Karena dari ujian dari segi online kita banyak penghematan yang bisa dilakukan. Awalnya sulit tapi akhirnya dapat kita lakukan juga," ungkap Sri.

Pembelajaran materi berbasis digital menurut Nurjannah merupakan inovasi yang efektif untuk merangsang minat siswa dalam belajar karena disertakan tampilan visual yang menarik perhatian siswa.

"Anak-anak akan semangat di kelas. Jika ada animasi dan video sehingga gurunya harus rajin untuk membuat media pembelajaran dan berinovasi membuat materi dalam bentuk video," pungkas Nurjannah. (cr13/tri bun-medan.com)



Artikel ini telah tayang di tribun-medan.com dengan judul Mengusung Sekolah Era Teknologi, SMK Dharma Analitika Medan Terapkan Ujian Berbasis Digital, https://medan.tribunnews.com/2020/03/25/mengusung-sekolah-era-teknologi-smk-dharma-analitika-medan-terapkan-ujian-berbasis-digital?page=2.
Penulis: Kartika Sari
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba



Share This Post To :




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :

 

Komentar :


   Kembali ke Atas